Cara Mendaftarkan Blog WordPress/ Blogspot ke Google Webmaster

Ingin Blog WordPress/Blogspot Anda Cepat terindeks oleh mesin pencari nomor satu di dunia? Ya, saya rasa setiap blogger pasti ingin artikel/tulisannya dapat terindex di halaman pertama mesin pencari terlaris di Indonesia yaitu www.google.co.id. Sebenarnya banyak cara yang dilakukan agar tulisan-tulisan kita dapat bersahabat dengan mesin pencari ini, seperti mengupdate blog secara rutin dengan tulisan asli pemikiran sendiri (bukan copy-paste), rajin blogwalking dan meninggalkan komentar yang sesuai dengan tema tulisan, membuat internal link ke halaman blog sendiri, bertukar link dan lainnya.

Selain dengan menerapkan cara-cara diatas, ada satu lagi hal yang tidak boleh kita abaikan untuk mengoptimalkan blog, yaitu Mendaftarkan Blog WordPress/Blogspot ke Google Webmaster, dan bagi sahabat yang belum melakukan cara ini, mari kita ikuti langkah-langkahnya.

1. Silahkan masuk ke www.google.com/webmasters/

2. Maka akan muncul gambar berikut dan klik tombol [Masuk ke Alat Webmaster]

3. Silahkan masukkan email google Anda beserta Passwordnya.

4. Setelah Sign in, maka akan muncul halaman Webmaster, lihat pada pojok kanan atas dan klik tombol [Tambahkan Situs]

5. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Langsung saja masukkan alamat blog WordPress/Blogspot Anda, lalu klik Terus.

6. Pada halaman berikutnya, pilih metode alternatif dan klik Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda. Copy semua Meta Tag yang ada, yang selanjutnya akan kita Pastekan pada Menu [Perkakas] pada WordPress Anda.

Catatan : Jangan tutup dulu halaman Verifikasi ini, karena setelah memasukkan tag meta Anda akan kembali ke halaman ini untuk mengklik tombol Verifikasi.

7. Selanjutnya login ke Dashboard WordPress Anda, pilih menu [Perkakas] pilih [Perkakas yang Tersedia] lalu pastekan meta tag tadi ke kolom [Google Webmaster Tools] dan jangan lupa [Simpan Perubahan].

8. Silahkan kembali ke halaman Webmaster tempat Anda mengcopy code meta tag tadi lalu klik tombol [Verifikasi]. Selesai.

Semoga Tulisan-tulisan Anda selalu menjadi nomor satu di mata Mbah google. :-)

Baca Juga

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Belajar Ngeblog Aja - All Rights Reserved
Home| Contact Us| Term of Service| Privacy Policy|
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger