Cara Memasang Meta Tag Blog Blogger

Cara Memasang Meta Tag Blog Blogger - Identitas Blog untuk Google Bot. Saatnya berbicara tentang Meta Tag. Kalau didengar-dengar kelihatannya istilahnya coding! Apa sih "Meta Tag" itu? Singkatnya "meta tag" adalah tag yang berfungsi untuk memberi deskripsi atau penjelasan tentang blog kita ke search engine. Hah, kok bisa? Iya, setiap search engine memiliki spider bot, istilahnya ya para search engine memiliki agen gan :D. contohnya aja Google bot, lalu yahoo bot, sama MSN Bot. Kerjaan mereka adalah keluyuran di dunia yang bernama Internet ini. Ngapain para bot keluyuran? Kalau ini sudah jelas untuk mencari berbagai informasi di berbagai situs, baik itu untuk mengklarifikasi atau hanya sekedar numpang lewat doang. Sepenting apakah memasang meta tag di blog itu? Untuk masalah SEO, memasang meta tag... tidak ada pengaruh yang begitu besar, hanya saja dengan memasang meta tag itu artinya sobat telah membantu para search engine untuk mengenal blog sobat (lebih jauh) dengan kata lain akan dikenal lebih dekat. Sobat tahu apa manfaatnya dikenal dekat oleh seseorang? Yupz, sobat benar...maka begitu juga dengan search engine. Para tetua kita bilang:"Tak kenal maka tak sayang!", itu artinya kalau search engine nggak kenal sama blog kita...jangan harap search engine sayang sama blog kita yaaaa...hehehe (becanda). Oke deh, kembali ke judul postingan kali ini.

Untuk memasang meta tag di blog blogger sangat lah gampang, sobat hanya membutuhkan beberapa kode meta tag yang siap ditanam dalam tubuh blog sobat. Yang selanjutnya sobat bisa menyesuaikan meta tag berikut dengan data-data blog sobat.

Untuk memulai memasang meta tag ke dalam blog blogspot sobat, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan login ke akun blogger sobat.
2. Jika sobat memiliki banyak blog dalam satu akun blogspot sobat, silahkan untuk mengklik blog mana saja yang ingin sobat tambah meta tag.
3. Klik Template


4. Selanjutnya Edit HTML => Lalu jika muncul gambar seperti berikut, klik "Proceed"


5. Selanjutnya carilah kode <title>&lt;data:blog.pagetitle/&gt;</title> atau <b:include data="blog" name="all-head-content"> atau <title>&lt;data:blog.pageName/&gt; - &lt;data:blog.title/&gt;</title> atau <title>&lt;data:blog.title/&gt;</title>

6. Jika sobat telah menemukan salah satu dari kode di atas (cukup satu lho!), silahkan untuk meletakkan kode meta tag berikut di bawahnya:

<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='NgeBlog Aja' name='title'/>
<meta content='Blog Kumpulan Cara Membuat Blog di Blogger, Blog Trik Blogger, Tips Edit Blog, Trik Google' name='description'/>
<meta content='cara membuat blog, membuat blog di blogger, trik blogger, tips edit blog, trik google' name='keywords'/>
<meta content='Rini Puji Astuti' name='author'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='translate' name='google'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='ID' name='geo.country'/>
<meta content='NgeBlog Aja' name='copyright'/>

=> Sobat harus mengganti bagian2 yang telah saya tandai dengan warna biru dengan data2 milik sobat, di antaranya:

NgeBlog Aja: Adalah judul blog saya, silahkan sobat untuk menggantinya dengan judul blog sobat, ex: Blognya si Adul, blognya si Tukul, dll
Blog Kumpulan Cara Membuat Blog di Blogger, Blog Trik Blogger, Tips Edit Blog, Trik Google: Ini adalah deskripsi blog sobat, sobat bisa menggantinya dengan deskripsi blog sobat. Misalnya: Blog kumpulan ebook gratis, blog kumpulan software gratis, dll
Cara membuat blog, membuat blog di blogger, trik blogger, tips edit blog, trik google: Ini adalah keywords atau kata-kata kunci yang terkandung di dalam blog sobat. Gunakan koma untuk memisahkan kata kunci satu dengan kata kunci lainnya. Misal: software gratis, tutorial blogger, download komik naruto, dll
Rini Puji Astuti: Ini adalah author atau penulis blog. Jika nama sobat adalah Taufik, maka silahkan ganti Iqbal dengan Taufik.
NgeBlog Aja: Yang terakhir adalah Copyright, silahkan untuk mengganti dengan jdul blog sobat (boleh sama dengan title/judul blog).


7. Selanjutnya kliklah "simpan template"/"save template"

Selesai!!!

Jika sobat memiliki masalah dalam memasang meta tag di dalam blog sobat, silahkan untuk meninggalkan komentar atau kirim pertanyaan ke saya melalui menu "kontak". Terima kasih.. :D

Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat bagi sobat.

Tags: meta tag google, blogger blogspot meta tag, cara pasang meta tag, meta tag gampang

Baca Juga

Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

Minggu, 20 Januari 2013 23.52.00 WIB

udh sy coba tapi tak berhasil...dmn y kesalahannya

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. Belajar Ngeblog Aja - All Rights Reserved
Home| Contact Us| Term of Service| Privacy Policy|
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger